Dokumen Kebutuhan Sistem (System Requirement Document)
Dokumen RD
menyatakan tentang masalah-masalah yang dihadapi user dan solusisolusi
umum yang
dibutuhkan. Bahasannya berorientasi pada bahasa yang digunakan
oleh user
sehari-hari, dan jauh dari bahasa komputer.
Dokumen RD
terkadang dipakai sebagai Request for a Proposal (RFP) ketika user
menawarkan
proyeknya kepada pemborong/kontraktor luar.
Tim Proyek (PT)
hanya dapat memulai proyeknya setelah menerim dokumen RD
yang akurat.
Dalam hal ini manajemen proyek akan langsung dimulai setelah dokumen
RD terlengkapi.
Tetapi bagaimanapun juga dokumen RD yang ditulis oleh user biasanya
belum terlalu
lengkap untuk membuat suatu perkiraan dan pengembangan. Terdapat
alasan-alasan
yang cukup sederhana untuk hal diatas. User mungkin kurang begitu tahu
hal-hal apa saja
yang dapat dilakukan oleh komputer, dan sehingga hal ini membuat
dokumen RD tidak
menentu tujuan pembuatannya. User sendiri bahkan tidak bisa
menerangkan
kebutuhan apa saja yang diperlukan secara tepat.
Sebagai contoh,
tentang ‘Analogi Rumah’. Bagaimana jika user menginginkan tenda
yang lebih besar
dengan penerangan yang baik ? Maka dapat dikatakan, keinginan user
tersebut tidak
sesuai dengan house technology.
Dalam hal ini
kita juga menghadapi masalah untuk berkomunikasi. Orang-orang
non teknis tidak
dapat diharapkan untuk mempe lajari bahasa komputer dalam kaitannya
untuk
menyampaikan dan menerangkan kebutuhan-kebutuhan mereka kepada Computer
Analyst. Semua
hal tersebut tergantung dengan tim proyek untuk memperhatikan dan
menyelesaikan
masalah-masalah yang dikemukakan di atas. Kesimpulannya banyak
waktu yang akan
dihabiskan untuk bekerja membantu user untuk dapat menghasilkan
suatu dokumen RD yang baik
Salah satu cara menyusun Dokumen kebutuhan sistem dengan baik
ini adalah wawancara langsung dengan client atau user.
Tujuan
dibuatnya dokumen kebutuhan sistem ini adalah
- Untuk
menjelaskan cara kerja sistem. Dengan menggunakan dokumentasi kita dapat menjelaskan
cara kerja sistem yang rumit dan panjang dalam waktu yang sangat
singkat.
- Alat dalam merancang sistem
informasi. Rancangan sistem informasi sebelum dikembangkan tidak dapat
diingat semua oleh disainer. Kalaupun semuanya dapat diingat rancangan
itupun perlu dikomunikasiskan kepada orang lain sebelum dikembangkan.
- Alat bagi auditor dalam
mempelajari, mengevaluasi dan sekaligus mendokumentasikan pemahamannya
terhadap sistem pengendalian internal kontrol klienny
·
Dasar pengembangan sistem lebih
lanjut
Abstraksi Dokumen Kebutuhan sistem
Jika sebuah perusahaan akan
mengadakan kontrak untuk proyek pengembangan sistem/software, harus
didefinisikan kebutuhan yang cukup pada saat dimana solusi belum terdefinisi.
Kebutuhan harus ditulis sehingga client dapat menawarkan kontrak,penawaran secara berbeda dengan kebutuhan organisasi client.
Bila kontrak sudah diserahkan, kontraktor harus menulis definisi sistem untuk client secara lebih detail sehingga client mengerti dan dapat mem-validasi sistem/software yang akan dikerjakan.
Dokumen ini lah yang disebut dokumen kebutuhan system
Kebutuhan harus ditulis sehingga client dapat menawarkan kontrak,penawaran secara berbeda dengan kebutuhan organisasi client.
Bila kontrak sudah diserahkan, kontraktor harus menulis definisi sistem untuk client secara lebih detail sehingga client mengerti dan dapat mem-validasi sistem/software yang akan dikerjakan.
Dokumen ini lah yang disebut dokumen kebutuhan system
Berikut ini adalah bagian-bagian
dari RD :
- Pendahuluan. Identifikasi perusahaan
(user) dan juga penjual dimana RD tersebut ditujukan. Tentukan masalah
yang perlu diselesaikan, latar belakang, contoh situasi yang sedang
dihadapi, motivasi-motivasi untuk menanggulanginya, dll.
- Tujuan Proyek. Sebuah pernyataan
singkat mengapa kita mengajukan proposal untuk pengembangan proyek.
Batasan-batasan utama dalam penggunaan waktu dan keuangan dapat juga
disebutkan.
- Fungsi-fungsi Utama. Pernyataan singkat mengenai
bagaimana sistem berfungsi berdasarkan tujuanproyek yang telah ditetapkan.
- Keluaran Umum.Penjelasan secara singkat
tentang informasi yang dibutuhkan dari sistem
- Informasi Input secara Umum.Input data apa yang diperlukan
untuk menghasilkan output. Ini adalah waktu yang tepat untuk memastikan
bahwa seluruh data yang dibutuhkan dapat tersedia pada waktu yang tepat
pula.
- Kinerja(Performance). Berapa banyak transaksi
yang akan diproses, berapa banyak data yang akan disimpan, kapan laporan
harus dihasilkan, dsb. Jelaskan waktu rata-rata dan waktu maksimal proses
(dalam hari atau jam)
- Perkembangan(Growth). Hal ini mungkin sulit untuk
diramalkan, tetapi cobalah untuk menghitung kemajuan bisnis dan menetapkan
berapa tahun lagi sistem masih dapat diharapkan untuk berfungsi. Kemukakan
dalam bentuk persentase atau angka sebenarnya.
- Pengoperasian dan Lingkungan. Dimana komputer akan
ditempatkan, dimana terminal-terminal yang interaktif ditempatkan, dan
siapa yang akan menggunakannya.
- Kompatibilitas, Pengantarmukaan. Jelaskan jika fasilitas antar
komputer dibutuhkan, adakah alat-alat yang harus disatukan, atau jika
pengiriman akses dibutuhkan.
- Reliabilitas, Ketersediaan. Tulis penggambaran
waktu diantara kegagalan-kegagalan (Meantime between Failures / MTBF),
waktu untuk perbaikan (Meantime to Repair / MTTR) dan persentase tambahan
yang diperlukan.
- Pengantarmukaan dengan Pemakai.Rincikan pengalaman-pengalaman
yang dibutuhkanuser dalam menggunakan komputer, jelaskan bagaimana
menangani sistem kapada user yang baru.
- Pengaruh Organisasi.Departemen-departemen apa yang
akan sangat berpengaruh dan seberapa jauh cara kerja mereka harus berubah.
Bagaimana sistem yang baru dapat berkomunikasi dengan sistem manual yang
ada.
- Pemeliharaan dan Dukungan. Jaminan-jaminan yang
dibutuhkan : berapa lama, sampai kapan, bagaimana pengiriman.
- Dokumentasi dan Pelatihan. Rincikan semua
dokumen-dokumen umum dan / atau pelatihan yang dibutuhkan.
- Keuntungan (hanya RFP). Jika RD adalah RFP dalam
situasi yang kompetitif, mintalah data dari penjual yang menjelaskan
mengapa dokumen tersebut harus dipilih.
- Persyaratan dan Kondisi.Menyatakan syarat untuk
seleksi, kapan dan bagaimana akan dilakukan.
Tipe-Tipe Kebutuhan
- Kebutuhan User = Pernyataan dalam bahasa
natural plus diagram layanan yang tersedia dan batasan operasional.
- Kebutuhan Sistem = Dokumentasi terstruktur berisi
deskripsi detail dan layanan sistem. Ditulis sebagai kontrak antara klien
dan kontraktor.
- Spesifikasi Software = Deskripsi software detail
sebagai dasar untuk desain dan implementasi ditulis oleh developer
Jenis Kebutuhan
- Kebutuhan
Fungsional
Pertanyaan
layanan sistem yang harus disediakan,bagaimana sistem berinteraksi pada input
tertentu dan bagai mana perilaku sistem pada situasi tertentu.
- Kebutuhan
Non-Fungsional
Batasan Layanan
atau fungsi yang ditawarkan sistem seperti batasan waktu, batasan pengembangan
proses, standarisasi dll.
Struktur Umum Dokumen Kebutuhan Sistem
Struktur Umum Dokumen Kebutuhan Sistem
- Pendahuluan
- Daftar
Istilah
- Definisi
Kebutuhan User
- Arsitektur
Sistem
- Spesifikasi
Kebutuhan Sistem
- Model
Sistem
- Evolusi
Sistem
- Lampiran
- Index
Daftar
pustaka :
1.
wsilfi.staff.gunadarma.ac.id
4. my-refurbished-laptops.blogspot.com/
5.
jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Mektek/article/download/497/427
Tidak ada komentar:
Posting Komentar